Makalah Tentang Masalah Lingkungan

Rabu, 29 Agustus 20123komentar

Makalah Tentang Masalah Lingkungan

BAB I
PENDAHULUAN

A.        Latar Belakang
Lingkungan adalah suatu tempat dimana terdapat mahluk hidup beserta ekosistem di dalamnya yang saling berhubungan satu sama lainnya. Di dalam lingkungan itu sendiri terdapat berbagai macam mahluk hidup, diantaranya mahluk herbivora, omnivora, karnivora, dan insektivora. Tidak hanya itu di dalam suatu lingkungan juga terdapat biota-biota didalamnya seperti batu, tanah, air dll.
Tetapi di balik mahluk dan benda yang ada didalamnya selalu ada campur tangan manusia yang berdampak pada lingkungan tersebut. Terkadang  campur tangan manusia itu ada yang berdampak positif dan ada juga yang berdampak negatif pada lingkungan tersebut.

B.        Rumusan Masalah
1.      Penyebab terjadinya masalah pada lingkungan
2.      Apa sajakah masalah-masalah lingkungan ?
3.   Apa saja dampak dari kegiatan manusia yang dapat menimbulkan efek negatif maupun positif terhadap lingkungan ?

C.        Tujuan
1.      Menguraikan masalah-masalah lingkungan hidup dewasa ini
2.    Menguraikan kegiatan-kegiatan manusia yang mengakibatkan dampak negatif dan dampak positif terhadap lingkungan




BAB II
PEMBAHASAN

A.Masalah Lingkungan
Masalah lingkungan adalah aspek negatif dari aktivitas manusia terhadap lingkungan biofisik. Environmentalisme, sebuah gerakan sosial dan lingkungan yang dimulai pada tahun 1960, fokus pada penempatan masalah lingkungan melalui advokasi, edukasi, dan aktivisme.
Masalah lingkungan terbaru saat ini yang mendominasi mencakup perubahan iklim, polusi, dan hilangnya sumber daya alam. Gerakan konservasi mengusahakan proteksi terhadap spesies terancam dan proteksi terhadap habitat alami yang bernilai secara ekologis.
Tingkat pemahaman terhadap bumi saat ini telah meningkat melalui sains terutama aplikasi dari metode sains. Sains lingkungan saat ini adalah studi akademik multidisipliner yang diajarkan dan menjadi bahan penelitian di berbagai universitas di seluruh dunia. Hal ini berguna sebagai basis mengenai masalah lingkungan. Sejumlah besar data telah dikumpulkan dan dilaporkan dalam publikasi pernyataan lingkungan.
Manusia memiliki pengaruh besar untuk keseimbangan ekosistem. Kemajuan ilmu pengetahuan & teknologi memudahkan manusia dalam mengatsi semua masalah hidupnya. Namun disisi lain, dampak kemajuan IPTEK dapat mengakibatkan rusaknya lingkungan & ketidakseimbangan ekosistem. Kerusakan yang tampak nyata adalah kerusakan hutan akibat penebangan, & kerusakan lingkungan akibat pencemaran, yang sebagian besar terjadi karena ulah / perbuatan manusia yang tidak bertanggung jawab.

B. Kegiatan Manusia
·           Kegiatan Manusia Yang Berdampak Negatif

-           Penebangan Hutan

Penebangan Hutan ialah kegiatan manusia yang membabad habis pohon-pohon didalam hutan tanpa mereboisasinya kembali yang akan di ambil kayunya untuk dikomersilkan.
Kita tahu jika hutan memiliki fungsi yg sangat penting bagi bumi ini, yaitu:
  • Pengatur suhu lingkungan & kelembaban serta pengatur cadangan air
  • Mencegah erosi, mengurangi kecepatan angin & tempat hidup satwa liar
  • Penyedia oksigen & berperan sebagai produsen bagi kehidupan makhluk lain
    Dan sebagai Paru -Paru Bumi.
Apa yang akan terjadi jika hutan kita rusak ?

Jika hutan rusak maka terjadi perubahan iklim global & bencana alam, seperti: Banjir, tanah longsor, badai, angin topan & mungkin suatu saat bencana alam ini akan menjadi pemandangan yang biasa terjadi disekitar kita. Bahkan saat ini pun bencana alam semkin sering dan semakin banyak terjadi diseluruh penjuru dunia.
-          Pencemaran Liar

Di bumi yang semakin maju ini pastinya banyak industri yang bergerak di bidangnya masing-masing ,tapi apakah industri yang berkembang saat ini sudah diimbangi dengan kesiapan mengenai dampak dan cara penanggulangan dari limbah industri yang dihasilkan ,Misalnya:
-          Pencemaran Air
Pencemaran air dapat diakibatkan oleh limbah industri yang mengandung zat kimia berbahaya dan beracun ,dapat juga berasal dari limbah rumah tangga(sisa makanan,sisa deterjen ,D.L.L) Jika pencemaran air terjadi dapat menyebabkan hal-hal sbb :
Ekosistem air terganggu,air tidak layak konsumsi ,dan dapat menyebabkan kelainan pada tubuh manusia karena penggunaan logam berat(Pb,Cd&Hg).
-          Pencemaran Udara
Udara yang erat hubungannya denan atmosfer yakni lapisan udara yg mengitari bumi yg membentang sampai ketinggian 400 km. Atmosfer terdiri dari be2rapa lapisan yaitu:
1. Troposfer ( tempat terjadinya peristiwa cuaca )
2. Stratosfer ( lapisan ozon terdapat disini )
Tetapi karena penggunaan bahan-bahan tertentu dapat menyebabkan pencemaran udara dan rusaknya susunan atmosfer misal'y penggunaan CFC (Chloro fluoro carbon) dalam alat pendingin yg dapat menyebabkan rusak'y ozon selain itu Penggunaan zat/bahan ada yg b'dampak t'hadap peningkatan suhu dibumi secara menyeluruh yg menyababkan perubahan iklim & permukaan air laut yg disebut pemanasan global. Akibat Pemanasan Global :
1. Ozon- Ozon Berlubang
2. Iklim Tidak Menentu
3. Hujan asam
Pencegahan Kerusakan Hutan bisa dilakukan dengan cara:
  • Melakukan Reboisasi Hutan
  • Melakukan Pencegahan Penebangan Liar
  • Diberlakukan'y UU Pembalakan Liar & Perusakan Lingkungan
  • Ada'y Sanksi bagi Para Pembalak Liar
Pencegahan Pencamaran Lingkungan bisa dilakukan dengan cara:
  • Pengolahan Limbah Industri secara Benar
  • Perawatan Lingkungan secara Teratur & Menyeluruh
  • Pemanfaatan Lingkungan Hidup

·         Kegiatan Manusia Yang Berdampak Positif
  1. Melakukan eksploitasi Sumber Daya Alam secara tepat dan bijaksana terutama SDA yang tidak dapat diperbaharui;
  2. Mengadakan penghijauan dan reboisasi untuk menjaga kelestarian keaneka jenis flora serta untuk mencegah terjadinya erosi dan banjir;
  3. Melakukan proses daur ulang serta pengolahan limbah agar kadar bahan pencemar yang terbuang ke dalam lingkungan tidak melampaui nilai ambang batasnya;

BAB III
KESIMPULAN

            Lingkungan adalah tempat tinggalnya seluruh mahluk di muka bumi ini yang harus kita jaga dengan baik, dan lingkungan juga berfungsi sebagai paru-paru bumi. Jika salah satu lingkungan kita rusak, maka akan terjadi ketidakseimbangan di muka bumi ini seperti terjadinya bencana alam, rusaknya populasi mahluk hidup, dan lainnya.
            Maka lingkungan tersebut harus kita jaga dan dipelihara agar tidak terjadi hal-hal seperti diatas tersebut. Salah satunya yaitu untuk tidak membuang sampah sembarangan, menggunakan energi secukupnya, tidak menebang pohon sembarangan/penebangan liar dan lainnya.
Share this article :

+ komentar + 3 komentar

7 Oktober 2017 pukul 10.04

kunjungi balik http://filmbluray360p.us

13 Februari 2018 pukul 14.36

rumuzan msalahnya mana????????

6 Maret 2021 pukul 19.53

Daftar pustaka mana..???

Posting Komentar

Pengikut

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Yulpan Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger